Home » Mengenal Karkas Ayam yang Benar
Makanan

Mengenal Karkas Ayam yang Benar

Karkas ayam saat ini banyak dijual dan dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan daging karkas ini praktis untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Banyak ibu rumah tangga memilih untuk mengolah daging karkas ini. Saat ini pun banyak olahan dari daging ayam yang menggugah selera sehingga bisa dipastikan peternak ayam akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Jika ingin menggeluti bisnis dengan peluang yang bagus maka bisnis karkas ayam ini adalah yang paling tepat. Untuk bisa menjalankan bisnis karkas ayam Anda harus bisa mengenali karkas yang benar dan dalam kondisi bagus. Jika tidak, maka bisnis yang Anda geluti tidak akan sesuai dengan rencana dan harapan. Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa membuat Anda bisa mengenal karkas ayam yang benar:

Apa Itu Karkas Ayam?

Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang karkas ayam penting bagi Anda untuk tahu apa itu karkas ayam. Karkas ayam adalah daging ayam yang sudah dibului, dihilangkan jeroannya, dihilangkan kepalanya, dihilangkan cekernya, dan lain sebagainya. Karena sudah banyak dihilangkan bagiannya maka daging karkas ini memiliki bobot yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam yang masih hidup. Oleh sebab itu harga ayam yang masih hidup dengan ayam karkas jauh lebih murah. Jangan heran meski beratnya sama, harga karkas ayam jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang masih hidup.

Baca juga : 6 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen yang Terbukti Berhasil

Proses Membuat Karkas Ayam

Untuk bisa membuat ayam hidup menjadi karkas harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu. Proses inilah yang membuat mengapa karkas ayam ini memiliki harga yang jauh lebih mahal. Ayam hidup akan disembelih dengan cara dan prosedur yang benar, setelah mati ayam tersebut akan dihilangkan jeroannya. Jeroan ini tidak dibuang tapi dijual secara terpisah karena bisa dimanfaatkan. Begitu pula dengan bulu ayam yang mana bisa dijadikan sebagai kerajinan atau hiasan. Ceker maupun kepala ayam pun begitu, dimana akan dijual secara terpisah. Oleh sebab itu bisa dipastikan jika tidak ada bagian ayam yang tidak bisa dimanfaatkan.

Ciri Karkas yang Baik

Supaya bisa menggeluti bisnis dengan lancar, Anda harus bisa mengenali ciri karkas yang baik. Ciri karkas yang baik ini adalah memiliki daging yang padat, daging tersebut tidak lembek, dan masih kenyal. Karkas yang baik ini juga memiliki lemak yang tersebar di bawah kulit. Lemak ini terlihat jelas dimana akan menutupi seluruh bagian karkas. Daging karkas yang sehat akan memiliki kulit yang utuh, tidak ada memar di permukaan kulitnya, tidak ada goresan, tidak ada pembuluh darah yang pecah. Karkas yang baik ini juga tidak memiliki tulang yang patah, jika tulangnya patah bisa dipastikan ayam karkas ini mati dengan cara yang tidak wajar.

Kerusakan Karkas Ayam

Dalam mengenal karkas ayam yang benar Anda harus tahu seperti apa kerusakan karkas ayam. Kerusakan karkas ini harus diwaspadai jangan sampai pebisnis tidak menyadari jika daging karkas yang dijualnya dalam kondisi yang tidak bagus.  Daging karkas yang rusak ini cirinya adalah karkas berubah warna, daging ayam sudah berbau busuk, lembek. Kerusakan ini bisa disebabkan dengan daging karkas dibiarkan dalam suhu ruangan terlalu lama, terpapar dengan zat kimia, dan masih banyak lagi lainnya. Jika karkas kondisinya sudah tidak bagus maka dagingnya akan mudah sekali lembek dan hancur ketika ditekan.

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Petelur Rumahan untuk Bisnis

Pebisnis yang akan menggelut bisnis karkas ayam harus bisa mengenali daging karkas dan seluk beluknya dengan baik. Untuk bisa mengenal karkas ayam yang benar harus tahu apa itu karkas ayam, ciri karkas yang baik, dan juga ciri daging yang mengalami kerusakan.

Summary
Mengenal Karkas Ayam yang Benar
Article Name
Mengenal Karkas Ayam yang Benar
Description
Karkas ayam saat ini banyak dijual dan dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan daging karkas ini praktis untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Banyak ibu rumah tangga memilih untuk mengolah daging karkas ini.
Author
Publisher Name
indonesiaartikel
Publisher Logo