HealthInformasi

Perbedaan Rawat Inap dan Rawat Jalan

rawat inap dan rawat jalan

Pada kenyataannya, kesehatan adalah modal utama Anda untuk menjalankan aktivitas harian. Tanpa sehat, Anda tidak akan bisa menikmati hidup.  Sakit akan membuat Anda menderita, baik seberapa parahnya sakit yang menjangkiti Anda. Apabila Anda sakit, Anda hanya memiliki dua opsi untuk sembuh yakni melalui rawat inap atau rawat jalan. Tahukah Anda bahwa terdapat perbedaan rawat inap dan rawat jalan. Apa sajakah?

Treatment yang diberikan

Salah satu perbedaan mencolok antara rawat inap dan rawat jalan adalah berdasarkan treatment atau perlakuan yang diberikan.  Seorang pasien rawat inap akan masuk ke rumah sakit ketika sampai di rumah sakit, ia akan langsung mendapatkan penanganan untuk menginap atau rawat inap di rumah sakit. Pasien rawat inap biasanya akan menghabiskan kurun waktu tertentu dalam kamar rawat pada sebuah rumah sakit.

Selain langsung diberi kamar inap, dokter yang menangani pasien rawat inap akan memantaunya secara rutin guna melihat perkembangan kesembuhan pasien. Dokter akan melihat perkembangan kesembuhan tersebut sekaligus melihat catatan rekam medis yang ada sejak mulai masuk ke rumah sakit.

Berbeda dengan rawat inap, pasien rawat jalan akan meninggalkan klinik dokter atau rumah sakit usai berobat. Pasien dinyatakan untuk rawat jalan apabila telah mendapatkan persetujuan dari dokter yang menanganinya. Pasien yang menjalani rawat jalan dirawat di rumah namun tetap harus mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Meski demikian pasien dengan rawat jalan tetap diwajibkan untuk control ke dokter seminggu 1 – 2 X tergantung perintah dari dokter yang berkaitan.

Prosedur pelayanan

Perbedaan rawat inap dan rawat rawat jalan lainnya ada pada prosedur pelayanannya. Pasien yang mendapatkan pelayanan rawat jalan, akan menjalankan beberapa prosedur perawatan sebagai berikut.

  1. Pasien rawat jalan mengisi formulir pendaftaran sebagai pasien baru terlebih dahulu,
  2. Pasien rawat jalan diperkenankan menunggu pihak administrasi dalam penginputan data pasien baru,
  3. Pasien akan menerima print out ringkasan riwayat klinik, kartu pasien, kuitansi pembayaran, nomor urut poli serta kartu indeks utama pasien,
  4. Pasien rawat jalan menjalankan prosedur pendaftaran pasien baru untuk pelayanan rawat jalan. Prosedur pendaftaran layanan tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Melaksanakan transaksi pendaftaran pasien,
  • Pasien rawat jalan akan menerima nomor urut poliklinik dan kuitansi pembayaran pengobatan,
  • Pasien meneima arahan dari petugas administrasi untuk menuju ruang poliklinik dan menunggu pemeriksaan berdasarkan nomor urut,
  • Pasien diperkenankan menunggu pemeriksaan berdasarkan nomor urut yang telah diberikan oleh petugas,
  • Pasien melakukan pemeriksaan oleh dokter yang bertugas,
  • Setelah melakukan pemeriksaan, pasien diperkenankan untuk mengambil obat di apotek.

Berbeda dengan prosedur rawat jalan, prosedur rawat inap terbagi menjadi tiga kondisi yakni pasien yang tidak urgent, pasien yang urgent dan pasien gawat darurat.

Pasien yang tidak urgent berarti pasien yang bisa mendapatkan penundaan perawatan karena tidak ada penambahan penyakit. Pasien yang urgent berarti pasien ada dalam kondisi darurat, meski kondisinya ada pada satu tingkat di atas pasien tidak urgent. Sementara itu pasien gawat darurat berarti pasien itu harus segera diberi tindakan dan tidak dapat lagi ditunda penangannya.

Adapun prosedur pasien rawat inap adalah sebagai berikut.

  1. Pasien rawat inap atau perwakilannya dapat memberikan seluruh informasi pasien yang diperlukan oleh petugas administrasi,
  2. Pasien rawat inap akan menerima penanganan pertama dari dokter yang bertugas,
  3. Setelah diberi penanganan pertama, pasien diperkenankan untuk masuk ke kamar rawat yang telah dipersiapkan petugas,
  4. Pasien menjalankan cek laboratorium ataupun operasi apabila diperlukan,
  5. Pasien meminum obat sesuai dengan perintah dokter,
  6. Pasien diperkenankan pulang apabila telah mendapatkan izin dari dokter,
  7. Hal-hal lain yang berkaitan dengan perawatan pasca rawat inap akan disampaikan oleh dokter.

Demikian dua perbedaan rawat inap dan rawat jalan yang perlu Anda ketahui. Meskipun Anda sudah mengetahui perbedaan rawat inap dan rawat jalan sekarang, namun tetap jaga kondisi Anda dengan benar. Sakit itu mahal, sebaiknya Anda jangan mengalaminya.

Artikel menarik lainnya :

Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Keluarga

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *