Home » Apa itu Payroll Software, Pengertian & Manfaatnya?
Aplikasi Bisnis Internet Komputer

Apa itu Payroll Software, Pengertian & Manfaatnya?

payroll software indonesia

Payroll Software atau Program Payroll yaitu sebuah sistem informasi yang berbasis web telah dirancang dan diterapkan dari seluruh modul yang membahas mengenai penanganan sistem penggajian dan manajemen personalia di suatu perusahaan. Kelebihan dari Program Payroll yaitu sistem yang dinamis dan fleksibel, kebutuhan user dapat disesuaikan dengan konfigurasi elemen sistem, serta dapat memberikan kemudahan dalam operasional dan penggunaan. Informasi yang diberikan juga akurat, cepat dan mudah dipahami sehingga berguna untuk mendukung keputusan dari pihak-pihak terkait lainnya. Program Payroll biasanya digunakan khusus oleh HRD di bagian administrasi perusahaan, fungsinya untuk menghitung gaji para karyawan. Entah itu tunjangan, gaji pokok, PPh 21 atau upah lembur karyawan. Program yang satu ini sangat membantu untuk menyelesaian berbagai macam tugas HRD, khususnya dibidang administratif.

Proses penggajian dari suatu perusahaan, dapat dilakukan secara berkala yaitu setiap minggu, bulan maupun harian tergantung kesepakatan yang diberikan kepada tempat anda bekerja. Penggajian tersebut sebagai bentuk kerja sama karena telah menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang telah diberikan perusahaan kepada karyawannya. Gaji yang diberikan masih bisa ditambah dengan jumlah jam lembur, tunjangan dan deduksi selain gaji pokok. Setiap perusahaan memiliki struktur penggajian sendiri, sehingga memungkinkan banyak terjadi perbedaan antara  perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Berbagai komponen yang bervariasi, rumit dan unik bisa dijumpai dari masing-masing perusahaan yang pernah anda gunakan sebagai tempat bekerja. Proses penggajian melibatkan pencairan dana, perhitungan gaji, slip gaji, dan pengelolaan pajak gaji sesuai dengan standar hukum perusahaan. Setiap proses harus menggunakan Payroll Software agar dapat  dipastikan bahwa para karyawan mendapatkan slip gaji sesuai dengan ketentuan dan standar hukum perusahaan.

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan Payroll Software adalah :

  1. Hasil perhitungan gaji yang lebih akurat. Dikarenakan prosesnya berdasarkan finger print atau data, sehingga sangat minim terjadi kesalahan maupun kekeliruan. Proses yang tidak memakan waktu lama juga dapat mempercepat pengecekan data gaji karyawan.
  2. Memudahkan pekerjaan. Melakukan perhitungan gaji secara otomatis memang memudahkan penggunanya. Oleh karena itu penggunaan Payroll Software sangat membantu karena praktis dan juga efektif. Pekerjaan juga menjadi lebih cepat
  3. Memudahkan pengguna untuk membuat laporan dalam versi excel. Untuk melaporkan suatu gaji, seleksi, pelatihan, atau absensi dapat menggunakan Payroll Software yang akan secara otomatis memindahkan atau membuat sistem pelaporan berbasis excel.
  4. Mampu  menangani payroll tanpa harus menggunakan jasa pihak ketiga sehingga lebih bermanfaat bagi perusahaan. Selain menghemat pengeluaran, Payroll Software juga dapat menghilangkan potensi misscommunications antara pihak yang harus berinteraksi mengenai pemberian gaji kepada karyawan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan software tersebut, untuk itu anda perlu fokus pada bisnis dengan memperhitungkan gaji karyawan melalui Payroll Software. Setelah mengetaui beberapa keuntungan serta manfaat dari Payroll Software apakah anda masih ragu untuk menggunakannya ? Anda tidak perlu khawatir karena Payroll Software akan membantu serta mempermudah perusahaan anda melakukan sistem penggajian terbaik. Sistem yang mudah digunakan dapat memudahkan anda untuk bekerja lebih cepat dan meminimalisir pengeluaran perusahaan. Informasi yang diberikan pun tergolong akurat tanpa harus terbelit-belit seperti sistem lainnya. Anda juga dapat mengurangi jumlah karyawan dibidang administratif, karena pekerjaan penjumlahan dapat dikerjakan dengan mudah oleh Payroll Software tersebut.