Home » 6 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen yang Terbukti Berhasil
Peternakan

6 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen yang Terbukti Berhasil

Cara Ternak Ayam Potong

Ayam potong atau ayam pedaging akan mudah dipanen. Hal itu dikarenakan bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat. Berbeda dengan ayam kampung yang mana memiliki tumbuh kembang yang lambat sehingga masa panennya pun juga lambat. Meski begitu ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat masa panen si ayam potong tersebut. Ayam potong akan bisa dipanen jika tumbuh kembangnya sudah maksimal terutama jika berat dagingnya sudah mencapai angka normal dan siap dikonsumsi. Oleh sebab itu supaya cepat panen, peternak harus bisa memaksimalkan tumbuh dan kembangnya. Berikut adalah cara ternak ayam potong cepat panen yang terbukti berhasil:

Bibit yang Berkualitas

Cara ternak ayam potong dimulai dengan bibit yang berkualitas. Semakin berkualitas bibitnya maka daya hidupnya juga semakin tinggi. Kunci dari kesuksesan ternak ayam ini pun tergantung dengan bibit yang diternakkan. Untuk bisa mendapatkan bibit yang berkualitas ini bisa didapatkan dari peternakan yang sudah besar, selain itu juga bisa didapatkan dari perusahaan kemitraan yang sudah berpengalaman dalam menjual sapronak.

Pemberian Pakan yang Tepat

Cara ternak ayam potong cepat panen yang harus diperhatikan adalah memberikan pakan yang tepat. Pakan ini menjadi kunci sukses dalam peternakan ayam. Jika tidak memberikan pakan dengan tepat bisa menyebabkan tumbuh dan kembang ayam menjadi tidak maksimal. Sesuaikanlah pakan ayam tersebut dengan periodenya. Kemudian berikan pakan secara cukup sesuai dengan takarannya. Nutrisi yang bermanfaat membuat tumbuh dan kembang ayam menjadi maksimal adalah protein dan juga kalori. Usahakan untuk memberikan nutrisi protein dan juga kalori yang cukup setiap harinya.

Baca juga : 5 Cara Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang yang Benar

Probiotik

Pakan ayam yang sudah diberikan tidak akan maksimal tanpa diberikan probiotik. Banyak peternak yang sudah merasakan sendiri manfaat dari probiotik ini. Probiotik yang diberikan ke ayam potong akan membuat ayam bisa menyerap pakan secara sempurna. Selain itu organ pencernaan ayam pun menjadi lebih baik dikarenakan adanya probiotik ini. Ayam yang diberikan probiotik akan memiliki jumlah kotoran yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak diberikan probiotik.

Vitamin

Selain membuat tubuh ayam memiliki sistem imun yang baik, vitamin ini juga membuat nafsu makan ayam menjadi lebih baik. Tumbuh dan kembang ayam menjadi terganggu jika nafsu makannya sendiri tidak stabil. Dengan menjaga nafsu makannya, akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan yaitu terhindar dari berbagai macam penyakit, membuat ayam lebih energik dan tentunya membuat berat dan bobot ayam bertambah.

Pemberian Minum yang Cukup

Tidak hanya pakan saja yang harus diperhatikan, namun pemberian minum ini juga harus diperhatikan karena berpengaruh terhadap tumbuh kembang ayam. Ayam akan cepat panen jika tubuhnya bisa menyerap nutrisi yang ada pada pakan. Penyerapan nutrisi tersebut membutuhkan air yang cukup. Tidak hanya itu saja air juga bermanfaat untuk memuat tubuh ayam tetap energik. Kekurangan air bisa membuat ayam lemas dikarenakan aliran darah tidak lancar.

Vaksin

Untuk peternakan ayam broiler atau potong biasa non organik vaksin ini sangat diperlukan. Tanpa adanya vaksin ini bisa menyebabkan ayam akan mudah terkena penyakit terlebih lagi ada beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Untuk bisa membuat ayam potong lebih cepat panen memang dibutuhkan trik dan tips yang tepat. Tanpa adanya trik dan cara yang tepat, ayam akan beternak pada waktunya. Bagi yang ingin cepat panen lakukanlah beberapa cara ternak ayam potong cepat panen seperti yang disebutkan di atas yang mana sudah terbukti berhasil dilakukan oleh peternak yang selama ini menggeluti bisnis ayam potong.

Baca juga : 4 Tips Ternak Ayam Kampung yang Benar

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment