6 Cara Menganalisis Artikel Konten yang Tepat

6 Cara Menganalisis Artikel Konten yang Tepat

Kemampuan untuk bisa menganalisis artikel adalah keterampilan yang berharga. Tidak hanya bermanfaat di sekolah namun bisa mengetahui apakah artikel tersebut valid atau tidak. Berikut ini adalah cara menganalisis artikel yang baik dan benar:

Meringkas Artikel

Cara menganalisis artikel yang pertama adalah dengan membuat ringkasan. Ringkasan ini bisa berupa review atau resume. Cara meringkas yang baik dan benar adalah Anda harus membaca artikel beberapa kali dan jangan menyambinya dengan menulis atau mengetik. Pahami dulu konsepnya agar maksud maupun gagasan konten bisa dianalisis. Jangan menyambinya dengan hal yang bisa membuat Anda tidak fokus. Agar bisa meringkas dengan baik perhatikan kosakata yang digunakan oleh penulis, jika ada yang kurang jelas Anda bisa mencari maksudnya di kamus. Setelah itu baru Anda bisa menulis ringkasan yang panjangnya sekitar 3-4 kalimat.

Sertai dengan Penelitian

Cara menganalisis selanjutnya adalah dengan melakukan penelitian. Penelitian tersebut berguna untuk memperkuat opini atau argumen yang Anda buat. Jika penulis melakukan kesalahan, Anda bisa menyebutkan beberapa argumen yang kuat disertai dengan bukti.

Bentuk Pembaca

Membentuk pembaca ini bisa dengan cara apakah penulis bisa melayani pembacanya dengan baik. Sebagai contohnya adalah jika artikel tersebut untuk pembaca khalayak umum namun menggunakan istilah teknis, bisa dipastikan bahwa artikel tersebut tidak begitu meyakinkan.

Baca juga : Global Sevilla School – Sekolah Berstandar Internasional di Indonesia

Tujuan Artikel

Artikel yang dibuat memiliki tujuan berupa tesis yang mana penulis akan memberikan pertanyaan kemudian pertanyaan tersebut dijawab dengan isi dalam artikel.

Keberhasilan Penulisan

Untuk menentukan keberhasilan penulisan artikel yang ditulis penulis, Anda bisa menguraikan argumen yang berhasil atau gagal dibuktikan. Anda juga bisa melanjutkannya dengan seberapa bermakna argumen yang ditulis oleh penulis dalam artikelnya.

Perbandingan Artikel

Langkah terakhir dalam menganalisis artikel adalah dengan membandingkan artikel lain dengan bidang yang sama. Membaca artikel lain di bidang yang sama bisa membuat Anda tahu argumen mana yang lebih valid dan yang lebih meyakinkan. Jangan lupa sertakan pula alasannya mengapa argumen tersebut lebih meyakinkan.

Baca juga : Pencabutan Gigi Bungsu Dengan Operasi Odontektomi Oleh Dokter Gigi

Menganalisa artikel memang dibutuhkan keterampilan khusus agar bisa menganalisis dengan baik dan benar. Anda bisa melakukan beberapa cara menganalisis artikel yang telah disebutkan di atas agar analisis yang Anda lakukan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *