InformasiMakananPeternakan

Bagian Bagian Karkas Ayam dan Non Karkas Ayam

Karkas adalah daging ayam yang sudah dihilangkan bulunya, dihilangkan jeroannya, kepalanya, dan juga dihilangkan cekernya. Karena sudah dihilangkan beberapa bagian maka tidak mengherankan jika berat daging karkas ini berbeda dengan ayam yang masih hidup. Harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayam hidup. Karkas ayam ini dijual dalam bentuk utuh maupun dalam bentuk potongan. Jika ada bagian yang hilang maka karkas tersebut disebut tidak utuh lagi. Selain dijual utuh karkas ayam tersebut dijual dalam beberapa bagian tergantung dengan permintaan konsumen sehingga pengetahuan tentang karkas ayam ini sangat dibutuhkan supaya tidak salah dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Berikut ini adalah bagian bagian karkas ayam dan non karkas ayam yang penting untuk diperhatikan:

 

Dada

Dada menjadi salah satu dari bagian bagian karkas ayam yang tidak didominasi dengan tulang. Bagi yang menyukai karkas ayam dengan tekstur daging lebih dominan maka bisa menjadikan bagian dada sebagai pilihan. Dada dibagi menjadi dua yaitu kanan dan kiri. Ketika karkas ayam utuh dipotong menjadi potongan setengah maka pembeli akan mendapatkan dua bagian dada sama besar kanan dan kiri.

Paha Bawah

Paha bawah disebut juga dengan drumstick. Biasanya bagian karkas ini menjadi favorit untuk sajian nasi box. Paha bawah ini didominasi dengan tulang dan daging. Sehingga paha bawah menjadi perpaduan yang sempurna bagi yang menyukai daging ayam dengan kombinasi tulang dan daging. Untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, pemotongan daging karkas harus pas supaya tidak banyak daging yang tercecer.

Paha Atas

Selain paha bawah, ada juga bagian karkas ayam berupa paha atas. Di pasaran harga paha atas ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan paha bawah. Paha atas maupun paha bawah banyak dijadikan olahan di rumah makan termasuk dijadikan sebagai Kentucky. Sama dengan paha bawah untuk bisa memotong paha atas ini harus hati-hati supaya potongannya sempurna.

Sayap

Sayap ini menjadi bagian karkas ayam yang banyak disukai oleh anak-anak. Untuk sayap ini memang didominasi dengan tulang dan juga kulit. Banyak anak yang menyukai sayap karena rasa gurih yang dihasilkannya. Bagian sayap ini juga sering dijadikan sebagai olahan ayam Kentucky.

Brutu

Banyak yang tidak menyangka jika brutu ini merupakan bagian dari karkas ayam. Meski dianggap sebagai bagian karkas yang tidak layak untuk dimasak namun ternyata ada beberapa orang yang menyukainya. Jika diolah dengan benar brutu ayam ini bisa menghasilkan cita rasa yang enak dan gurih. Meski begitu tidak semua orang bisa mengonsumsinya, bagi penderita kolesterol tidak boleh mengonsumsi brutu karena bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat bisa naik. Penderita kolesterol bisa mengonsumsi bagian dada yang mana tidak banyak didominasi dengan kulit dan tulang.

Bagian Ayam Non Karkas

Selain bagian bagian karkas ayam yang disebutkan di atas ada bagian daging non karkas yang ikut dijual. Dengan begini pebisnis karkas ayam akan mendapatkan keuntungan tidak hanya dari penjualan bagian karkas ayam saja tapi dari non karkas pun sangat menguntungkan jika dijual.  Contoh bagian non karkas yang dijual dan banyak diminati adalah hati ampela. Selain itu ada juga usus, ceker ayam, dan juga kepala.

 

Berbisnis daging karkas ayam memang sangat menguntungkan dan menggiurkan. Tidak perlu mencari konsumen karena jika daging karkas yang dijual berkualitas justru konsumen itu sendiri yang akan datang ke tempat pemotongan karkas. Yang perlu dilakukan adalah memotong dan menjaga bagian bagian karkas ayam maupun yang non karkas tetap berkualitas sehingga tidak mengecewakan konsumen yang membelinya.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Ternak Ayam Potong

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Informasi