Survey Pengguna Sosial Media Di Indonesia Saat Ini

Survey Pengguna Sosial Media Di Indonesia Saat Ini

Diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia hingga tahun 2016 mencapai 132,7 juta orang. Ditambah lagi oleh APJII, menurut survey pengguna sosial media di Indonesia yang mereka lakukan, ada tiga sosial media yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Menurut survey pengguna sosial media tersebut, Facebook menempati posisi pertama sebagai sosial media yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Total masyarakat Indonesia yang mengunjungi Facebook mencapai 71,6 pengguna atau mencapai 54%. Di tempat kedua menurut survey pengguna sosial media diduduki oleh media sosial dengan fitur utamanya untuk berbagi foto dan video pendek yakni, Instagram. Pengguna sosial media menyebutkan bahwa Instagram berhasil menempati posisi kedua dengan jumlah pengguna mencapai 19,9 juta orang atau mencapai 15%. Media sosial di posisi ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah Youtube. Menurut hasil APJII di Indonesia, layanan video Youtube mendapatkan 14,5 juta pengguna atau mencapai 11% pada tahun 2016.

Baca juga : Sari Roti : Jenis-Jenis Roti Terbaik Dipasaran Indonesia

Dalam pengambilan data untuk survey pengguna sosial media di Indonesia ini APJII melakukan survey di lapangan dengan cara tatap muka dan menerapkan teknik pengambilan sample multi stage random sampling. APJII melibatkan 2.000 responden dalam survey pengguna sosial media, sedangkan untuk survey terkait penetrasi penggunaan internet, APJII mmelibatkan 1.200 responden.

Dengan pengguna internet yang terus naik setiap tahunnya dan berbagai sosial media yang terus berkembang, penemuan data dalam survey pengguna sosial media juga akan terus berubah setiap tahunnya. Dengan beralihnya masyarakat Indonesia dari televisi ke akses internet, APJII juga menemukan bahwa sosial media di Indonesia lebih sering diakses melalui pc atau komputer pribadi dibanding melalu tablet atau ponsel. Survey pengguna sosial media di Indonesia menunjukkan bahwa pengguna internet menghabiskan rata-rata 4 jam 42 menit untuk mengakses internet lewat PC dalam sehari ketimbang di tablet atau ponsel yang rata-ratanya 3 jam 33 menit per hari.

Baca juga : 7 Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *