Home » Sari Roti : Jenis-Jenis Roti Terbaik Dipasaran Indonesia
Makanan

Sari Roti : Jenis-Jenis Roti Terbaik Dipasaran Indonesia

sari roti
sari roti

Indonesiaartikel.com – Roti bisa menjadi salah satu pilihan makanan pengganti nasi. Biasanya kebanyakan orang menyajikan roti sebagai menu santapan di pagi hari karena dianggap lebih praktis. Tidak jarang roti pun menjadi bekal di perjalanan ataupun bekal saat ke kantor dan ke sekolah. Sifat roti yang mengenyangkan karena memang mengandung karbohidrat juga tak jarang dimanfaatkan oleh mereka yang sedang melaksanakan diet.

Sari Roti

Namun kira-kira apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata sari roti? Roti tawar ataukah roti manis? Ternyata faktanya di dunia ini terdapat banyak sekali jenis roti. Lantas apa saja kira-kira macam-macam sari roti tersebut? Simaklah ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Jenis-Jenis Roti

Perlu diketahui bahwa roti merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu dan juga air yang telah difermentasikan dengan bantuan ragi. Menurut ahli gizi sendiri, di dalam satu potong roti terdapat karbohidrat, serat dan juga vitamin B komplek yang memang baik untuk kesehatan tubuh.  Macam-macam roti pun bisa diidentifikasi dari asal negara roti itu berasal. Misalnya roti Perancis, roti Italia, roti Amerika, roti India dan masih banyak lagi. Dari setiap jenis roti tersebut tentulah memiliki ke khasannya tersendiri.

Roti Tawar

Jenis roti satu ini sudah barang tentu tidak akan asing lagi. Semua orang pasti mengenal roti satu ini, karena memang roti tawar keberadaanya sangatlah mudah ditemukan dipasaran. Roti tawar sendiri terbuat dari tepung terigu berwarna putih. Di dalamnya terkandung karbohidrat, serat, vitamin B komplek dan juga zat-zat mikro lainnya yang baik untuk tubuh. Roti tawar dapat dimakan langsung atau diolah kembali menjadi berbagai makanan lainnya. Di Amerika sendiri, orang-orang telah lumrah mengkonsumsi roti tawar sejak tahun 1941 silam.

Roti Gandum

Selain roti tawar, jenis roti lainnya yang cukup populer adalah roti gandum. Berbeda dengan roti tawar yang terbuat dari tepung terigu, roti gandum terbuat dari tepung gandum asli. Teksturnya sedikit lebih kasar jika dibandingkan dengan roti gandum. Jenis satu ini pun memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, sehingga sangat dianjurkan untuk menu diet.

Roti Baguette

Pada umumnya orang-orang lebih  mengenal roti satu ini dengan sebutan roti Perancis karena memang Baguette adalah roti tradisional yang berasal dari Perancis. Teksturnya sangatlah keras dengan warna coklat dan juga terdapat banyak lubang di bagian atasnya. Salah satu hal yang paling menonjol dari jenis roti tradisional Perancis ini adalah bentuknya yang bulat memanjang seperti tongkat hingga mencapai 50 cm. Biasanya baguette disajikan dengan sup, di panggang dan juga disajikan dengan berbagai toping di atasnya.

Roti Pita

Untuk anda yang gemar dengan berbagai masakan Timur Tengah, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya roti pita. Bentuknya yang bulat dan pipih sering kali disebut sebagai roti Arab. Hal ini tidak mengherankan karena memang roti pita lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Arab. Teksturnya sangat kenyal dan juga lembut. Biasanya roti pita disajikan dengan kuah kare ataupun dengan kombinasi keju, susu dan selai.

Roti Croissant

Selain baguette, satu lagi jenis roti yang berasal dari Perancis adalah croissant. Dinamakan dengan croissant karena memang bentuknya sangat mirip dengan bulan sabit. Pembuatannya dilakukan dengan adonan yang berlapis-lapis. Teksturnya sendiri sangat renyah serta empuk. Biasanya croissant disajikan untuk sarapan pagi dengan diolesi mentega dan juga selain jeruk. Namun kini croissant juga telah mendapatkan berbagai modifikasi seperti diberi isian di dalamnya.

Nah itulah macam-macam sari roti yang ada di pasaran saat ini. Dengan mengetahui jenis-jenis roti, maka kamu bisa memilih jenis roti apa yang paling pas untuk masakanmu sendiri.

5

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment