Home » 7 Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan Tubuh Kita
Makanan

7 Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Roti Gandum
Manfaat Roti Gandum

Manfaat Roti Gandum yang Perlu Anda Ketahui

Roti merupakan salah satu olahan yang terbuat dari tepung gandum ataupun tepung terigu. Walaupun tepung terigu dan tepung gandum berbeda, namun ke dua jenis tepung tersebut dibuat dari bahan yang sama, yaitu dari biji gandum. Roti sendiri telah menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, karena selain dapat menggantikan peran nasi yang mengenyangkan, roti juga dianggap sebagai salah satu makanan yang praktis.

Ada banyak sekali jenis roti yang beredar dipasaran, salah satunya adalah roti gandum. Akhir-akhir ini roti gandum lebih digemari oleh masyarakat karena memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh dan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi. Selain berperan dalam pemenuhan nutrisi tubuh, manfaat roti gandum sangatlah banyak, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Mengandung Berbagai Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Di dalam sebuah roti gandum terdapat banyak sekali kandungan gizi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kandungan gizi yang terdapat pada roti biasa yang hanya karbohidrat saja. Di dalam sebuah roti gandum terdapat protein, serat, serta beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka tidaklah mengherankan jika harga sebuah roti gandum pun sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan roti putih biasa.

Melancarkan Pencernaan

Roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi inilah yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat, maka tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit karena sistem pencernaan yang baiklah yang kali pertama berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Khusus untuk ibu hamil, manfaat roti gandum juga dapat membantu meningkatkan perkembangan otak sang jabang bayi. Roti gandum memiliki kandungan protein dan juga vitamin yang sangat tinggi. Kandungan protein dan juga berbagai jenis vitamin inilah yang dapat membantu perkembangan otak  karena membuat nutrisi menuju otak menjadi terserap lebih baik.  Sehingga perkembangan otak janin pun menjadi lebih optimal.

Baca juga : 4 Manfaat Asuransi Jiwa dibandingkan Produk Asuransi Lain

Cocok Untuk Diet

Roti gandum sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet. Hal ini disebabkan karena roti gandum memiliki sifat untuk menjaga kondisi perut terasa lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja hal ini akan berpengaruh dalam mengurangi nafus makan orang yang menjalankan diet tersebut. Maka tidak heran jika banyak orang yang menjalankan diet memilih untuk mengkonsumsi roti gandum saja tanpa mengkonsumsi nasi.

Dapat Mencegah Anemia

Keadaan tubuh yang lemas, letih, dan lesu adalah ciri dari gejala anemia. Semua gejala tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi roti gandum, karena seperti yang telah dijelaskan tadi, roti gandum tidah hanya memiliki kandungan kabohidrat saja, akan tetapi juga memilki kandungan serat, protein dan berbagai jenis vitamin.

Berguna Untuk Kesehatan Jantung

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa gandum memiliki protein yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh sebab itu, mengkonsumi berbagai makanan olahan gandum sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Salah satu makanan olahan gandum tersebut, selain oat adalah roti gandum.

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, roti gandum pun dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Orang yang rutin mengkonsumsi makanan olahan dari gandum akan memiliki kulit yang cerah dan juga bersih serta terbebas dari berbagai permasalahan kulit lainnya.

Nah, itulah berbagai macam manfaat roti gandum bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Sari Roti : Jenis-Jenis Roti Terbaik Dipasaran Indonesia

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment