Peternakan

6 Keuntungan Ternak Ayam Potong dan Kerugiannya

ternak ayam potong tips

Sesuai dengan namanya ayam potong ini akan dipotong kemudian diambil dagingnya. Ayam jenis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan ketika dijadikan olahan masakan cita rasanya juga  lezat. Kini ayam potong banyak dibudidayakan atau diternakkan sebagai bisnis. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika saat ini banyak yang menggeluti bisnis satu ini. Pebisnis yang sudah berpengalaman akan mendapatkan income yang menggiurkan pada masa-masa tertentu, maka tidak mengherankan jika mereka akan mendulang kesuksesan saat masa panen tiba. Simak beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pebisnis ayam potong seperti berikut ini:

Disukai Banyak Orang

Hal pertama yang menjadi keuntungan ternak ayam potong adalah disukai oleh banyak orang. Berbagai macam usia menyukai olahan daging ayam ini dikarenakan cita rasanya yang gurih dan menggugah selera. Anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua menyukai menu dan masakan dari olahan daging ayam.

Dibutuhkan Banyak Pebisnis

Saat beternak dan berbisnis ayam potong keuntungan lainnya yang bisa didapatkan adalah dibutuhkan oleh banyak pebisnis. Cobalah lihat saat ini banyak pebisnis yang menggunakan daging ayam untuk menu mereka tidak hanya di restoran berbintang namun juga di rumah makan maupun pedagang kaki lima. Karena dibutuhkan oleh banyak pebisnis maka peluang bisnis dari ayam potong ini masih terbuka dengan lebar.

Mudah Dipasarkan

Bisnis ayam potong ini akan mudah dipasarkan. Alasannya adalah peluang pasarnya yang terbuka dengan lebar dan target marketnya yang luas sehingga pebisnis bisa menjualnya dengan mudah karena market sudah terbentuk dengan baik. Hal ini berbeda dengan bisnis lainnya dimana harus merencanakan targetnya secara matang-matang supaya bisa laku keras dan menarik minat masyarakat.

Modal yang Murah dan Fleksibel

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh peternak ayam potong adalah modalnya yang fleksibel. Jika memiliki modal yang tidak begitu banyak pebisnis bisa beternak ayam potong dengan skala rumahan. Selain itu modal yang harus dikeluarkan oleh pebisnis ini lebih murah jika dibandingkan dengan beternak bebek potong. Oleh sebab itu beternak ayam potong ini menjadi solusi bagi yang ingin mencari peluang usaha dengan modal murah namun memiliki peluang yang potensial.

Permintaan Stabil

Sama dengan telur ayam, permintaan daging ayam ini stabil dan justru akan meningkat di waktu-waktu tertentu. Di saat permintaan meningkat harga dari daging ayam ini juga akan menjadi meningkat sehingga peternak bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Permintaan daging ayam ini akan meningkat berkali-kali lipat saat menjelang idul fitri dan juga idul adha. Banyak yang memilih mengonsumsi daging ayam karena bosan dengan daging sapi maupun kambing saat idul adha.

Biaya Kandang Lebih Murah

Keuntungan ternak ayam potong selanjutnya adalah biaya pembuatan kandang yang lebih murah dibandingkan dengan ternak bebek. Beternak bebek ini untuk modal pembuatan kandang bisa mencapai puluhan juta, sedangkan beternak ayam hanya mencapai beberapa juta saja. Selain itu ayam bisa diternakkan dengan teknik tanpa kandang sehingga biaya pembuatan kandang bisa ditekan.

Kerugian

Kerugian dan keuntungan dari bisnis ternak ayam potong ini bagaikan dua sisi mata uang yang selalu berhubungan. Dimana ada keuntungan pasti disitu ada kerugian. Kerugian bisnis ternak ayam potong adalah saingan yang banyak, dibutuhkan strategi marketing yang bagus supaya pebisnis pemula mampu bersaing dengan yang sudah profesional. Selain itu risiko yang bisa terjadi pada pebisnis ayam potong adalah rentan untuk mengalami kematian terutama jika iklim dan cuaca sedang tidak menentu. Ilmu dan teknik yang salah juga akan membuat banyak ayam potong menjadi mati dimana menjadi awal mula penyebab kerugian pebisnis.

Baca Juga : Bagian-bagian Karkas Ayam dan Non Karkas Ayam

Demikianlah beberapa keuntungan ternak ayam potong dan kerugiannya yang wajib untuk diketahui, semoga infomasi ini bermanfaat.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Peternakan