Home » 5 Cara Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang yang Benar
Peternakan

5 Cara Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang yang Benar

Cara Ternak Ayam Petelur

Mendengar ternak ayam petelur tanpa kandang mungkin sedikit asing. Namun saat ini sudah ada beberapa peternak yang mulai menerapkan sistem ini untuk bisa mendapatkan keuntungan yang semakin melimpah. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya untuk membuat  atau membeli kandang ayam petelur ini harus mengeluarkan kocek yang dalam, terlebih lagi jika tipenya adalah modern. Sehingga semakin banyak modal awal yang harus ditanggung peternak yang ingin menggeluti bisnis ayam petelur ini. Dengan tanpa kandang tentunya modal yang dikeluarkan pun sedikit. Lalu seperti apa ternak ayam petelur tanpa kandang tersebut?, simak  tata caranya yang benar berikut ini:

Lahan yang Luas

Cara yang pertama adalah menyiapkan lahan yang luas.  Lahan yang luas ini menjadi kunci kesuksesan karena nantinya akan dijadikan sebagai area umbaran untuk ayam petelur tersebut. Keuntungan ternak ayam petelur tanpa kandang ini adalah lebih sehat dibandingkan dengan yang menggunakan kandang, tidak hanya itu saja penularan penyakit ayam yang di umbar dengan yang terus berada di dalam kandang ini angkanya jauh lebih rendah. Terlebih lagi ayam petelur sangat rentan dengan stress, dengan di umbar tingkat stress ayam bisa diminimalisir. Semakin luas lahan yang dimiliki akan semakin bagus, pasalnya ayam seperti tidak berada di peternakan namun di alam bebas. Meski begitu peternak juga harus tetap menyesuaikan antara jumlah ayam yang akan dipelihara dengan luas lahan sehingga ayam tidak akan saling berdesakan.

Tempat dan Pakan yang Tepat

Cara ternak ayam petelur tanpa kandang yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memberikan tempat sekaligus pakan yang tepat. Untuk tempat pakannya tidak bisa individual namun secara berkelompok. Tempat pakan dengan bentuk yang memanjang sangat disarankan di sini sehingga ayam akan bisa memakan pakan secara berkelompok atau bersama-sama di area umbaran. Pakan yang tepat untuk ayam petelur adalah yang mengandung banyak kalori dan juga protein yang mana sangat bagus untuk tumbuh kembang dan produktivitasnya.

Baca juga : 4 Tips Ternak Ayam Kampung yang Benar

Pemerataan Pakan

Yang sering menjadi masalah pada ayam yang diternakkan tanpa kandang adalah pemerataan pakannya. Peternak harus mengawasi saat ayam diberikan pakan sebab pemberian yang tidak merata bisa membuat tumbuh dan kembang ayam menjadi tidak merata pula. Saat pemberian pakan harus dilakukan pengawasan supaya tidak terjadi kanibalisme atau saling berebut pakan.

Sekat

Meski dipelihara pada area umbaran peternak harus memberikan sekat supaya ayam tidak pergi dari lahan peternakannya. Ada ayam yang terlalu jauh meninggalkan lahan umbarannya dikarenakan tidak diberikan sekat pembatas. Sekat pembatas ini harus tinggi dan dibuat mengelilingi area umbaran tersebut.

Tempat Berlindung

Saat malam hari ayam tidak bisa berada di atas tanah secara langsung, sehingga dibutuhkan tempat untuk berlindung terutama di malam hari. Ayam yang dibiarkan tidur di alam terbuka akan memiliki nilai minus. Nilai minus yang bisa dihasilkan dengan ayam tidur di alam terbuka yaitu pengawasan yang kurang saat malam hari karena bisa memunculkan berbagai macam serangan dari hewan lain. Saat musim penghujan seperti saat ini pun teknik ini tidak disarankan karena tempat yang ideal untuk berlindung ayam saat musim penghujan adalah di dalam kandang yang disertai dengan cahaya serta penghangat.

Setiap teknik beternak ayam memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Oleh sebab itu peternak harus pandai dalam menentukan teknik yang tepat. Begitu pula ketika ingin melakukan ternak ayam petelur tanpa kandang, peternak harus bisa menganalisa apa saja keuntungan dan kelemahannya jika teknik tersebut dilakukan di lahan peternakannya.

Baca juga : 6 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen yang Terbukti Berhasil

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment