Home » 3 Cara Menggunakan Google Analytics untuk Pemula
Internet

3 Cara Menggunakan Google Analytics untuk Pemula

Cara Menggunakan Google Analytics
Cara Menggunakan Google Analytics

Google Analytic adalah salah satu tools yang bisa digunakan untuk mengetahui aktivitas yang ada pada situs website atau blog Anda. Tools ini berguna untuk melihat statistik pengunjung pada website Anda misalnya saja mesin pencari, iklan, email marketing dan masih banyak lagi lainnya. Sayangnya banyak blogger yang tidak mengetahui bagaimana caranya menggunakan Google Analytics ini. Pastikan pula Anda sudah memiliki akun Google Analytic. Simak cara menggunakan Google Analytics berikut ini:

Masuk Situs Google Analytics

Cara menggunakan Google Analytics adalah Anda harus mengakses website Google Analytics terlebih dahulu. Untuk bisa masuk ke dalam Google Analytics ini Anda bisa menggunakan akun Google yang Anda miliki. Pendaftaran akun Google ini mirip dengan akun Gmail sehingga sering disebut juga dengan akun Gmail.

Baca juga : Sari Roti : Jenis-Jenis Roti Terbaik Dipasaran Indonesia

Pilih Reporting

Pilih reporting, kemudian lihatlah pada sisi sebelah kiri, akan ada tulisan pemirsa atau audience. Kemudian klik, menu di list di bawahnya yang bertuliskan ikhtisar atau overview. Di bagian ini Anda akan melihat grafik berupa laju pertambahan pengunjung blog setiap harinya. Pada grafik ini Anda juga bisa melihat session, users, page views, pages atau session, session duration, bounce rate dan lain-lain.

Mengamati Performa Artikel

Google Analytic ini tidak hanya berguna untuk melihat statistik website namun bisa melihat performa artikel pada website Anda. Untuk bisa melihat performa artikel Anda bisa lihat menu link di sebelah kiri, pilih perilaku atau behavior. Pilihlah pada konten situs di sub menunya. Pilih All pages maka Anda bisa melihat daftar 10 artikel dengan nilai ratenya. Artikel dengan nilai teratas bouncenya harus di bawah 80% yang artinya pengunjung membuka artikel lainnya. Jika lebih dari 80% maka pengunjung hanya membuka satu artikel saja dan tidak membuka artikel yang lainnya. Sebaiknya di dalam artikel terlaris Anda diberikan link yang bisa mengarah ke artikel lainnya sehingga pengunjung bisa membaca artikel yang lain.

Baca juga : 4 Manfaat Asuransi Jiwa dibandingkan Produk Asuransi Lain

Google Analytics ini sangat bermanfaat sekali bagi blogger yang ingin mengetahui performa artikel dengan statistic kunjungan setiap harinya. Semakin banyak pengunjung di blog Anda, maka hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda. Semoga cara menggunakan Google Analytics yang dijelaskan diatas bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan statistik website atau blog yang dimiliki.

Iklan [ Jasa Pembuatan Website ]