Bisnis

Jenis-jenis Startup FinTech Indonesia 

tipe tipe fintech di indonesia

Perusahaan FinTech di Indonesia telah muncul sejak pembentukan Asosiasi Perusahaan Teknologi Keuangan Indonesia pada tahun 2015. Mereka mengubah banyak kategori di pasar jasa keuangan yang ada. Jika Anda seorang calon startup founder, sangat penting untuk mengetahui dan memahami perkembangan FinTech dan berbagai jenis teknologi keuangan sehingga Anda selalu dapat mengikuti tren dan mempekerjakan staff IT profesional  yang tepat yang Anda butuhkan agar tetap kompetitif. Salah satu kunci keberhasilan startup FinTech terletak pada infrastruktur IT-nya.

Berikut klasifikasi jenis financial technology.

Manajemen aset

Bisnis operasional perusahaan, misalnya manajemen karyawan, penggajian, sistem pembiayaan, dll. harus diotomatiskan saat ini. Startup FinTech yang terlibat dalam manajemen aset menyediakan platform yang dapat membantu bisnis menjadi lebih efisien dan praktis. Dengan begitu, bisnis di Indonesia tidak terlalu tergantung pada kertas karena yang dulunya dilakukan secara manual bisa dilakukan melalui aplikasi.

CrowdFunding

Amal, penggalangan dana, dan banyak kegiatan sosial lainnya kini juga dapat dilakukan melalui salah satu jenis FinTech, yaitu CrowdFunding. Sektor khusus ini menyediakan platform penggalangan dana untuk disalurkan kembali ke korban perang, korban bencana alam, pekerjaan penggalangan dana, dll.

E-Money

Salah satu sektor yang paling populer di ekosistem FinTech Indonesia adalah uang elektronik (E-Money) yang uangnya dikemas ke dalam dunia digital. Anda dapat menggunakan uang digital Anda untuk membayar tagihan, berbelanja, atau hal-hal lain melalui aplikasi. Dompet elektronik semacam itu juga tersedia di smartphone juga, membuatnya lebih nyaman. Mereka menawarkan e-card yang merupakan fitur kartu kredit yang dapat digunakan untuk berbelanja.

Pinjaman Peer-to-Peer (P2P)

Jenis startup ini memberikan solusi peminjaman secara online secara rutin. Mereka yang ingin mengembangkan atau membuka usahanya bisa mendapatkan keuntungan dari P2P lending karena startup ini berniat memberikan layanan keuangan kepada masyarakat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi formulir yang diperlukan di situs web yang tidak lebih dari 5 menit. Kemudian, Anda sudah mendapatkan pinjaman asalkan memenuhi persyaratan.

Pertanggungan

Biasanya, asuransi bekerja dengan menyisihkan biaya bulanan wajib kami untuk keuntungan di masa mendatang. Dengan sektor FinTech khusus yang berfokus pada asuransi, pelanggan diberikan informasi tentang rumah sakit terdekat, dokter terpercaya, rujukan rumah sakit, dll. Startup semacam itu didirikan dengan tujuan memberikan solusi intuitif, sederhana dan proaktif untuk membantu pengguna menavigasi sistem kesehatan mereka.

Perusahaan-perusahaan ini bekerja sama dengan rumah sakit terbaik dan dokter kelas dunia yang ingin bekerja sama untuk mengelola kesehatan anggotanya.

Itu semua adalah beberapa kategori utama di pasar FinTech Indonesia. Harap Anda belajar satu atau dua hal dari ini!

Baca Juga : Fintech Indonesia : Tinjauan Singkat dan Kelayakannya

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis