Home » 5 Fitur Accounting software Indonesia untuk Manajemen Keuangan yang Baik
Aplikasi Internet Keuangan Komputer

5 Fitur Accounting software Indonesia untuk Manajemen Keuangan yang Baik

accounting-software-indonesia

Accounting software Indonesia – Akuntansi menjadi hal vital dalam bisnis. Saat ini pemilik bisnis menyadari bahwa mengelola finansial ini tidak boleh dilakukan dengan cara manual namun harus dilakukan secara otomatis, mengingat saat ini semuanya serba dituntut secara cepat namun tepat. Cara manual juga tidak akan bisa mencapai efisiensi seperti yang diharapkan. Manajemen keuangan yang seharusnya bisa membantu perusahaan dalam mengelola anggaran dan keuangan justru menjadi penyebab kerugian bahkan bisa menjadi penyebab krisis jika performa dari manajemen keuangan tersebut tidak diperbaiki. Jika pebisnis sedang berusaha untuk melakukan otomatisasi pengelolaan keuangan dalam bisnis, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan bantuan accounting software Indonesia.

Pentingnya Manajemen Keuangan yang Baik

Mungkin ada beberapa perusahaan yang menyewa atau menggunakan jasa eksternal keuangan agar bisa melakukan manajemen keuangan yang baik. Namun yang harus diketahui di sini adalah biaya sewa jasa eksternal tersebut cukup mahal terutama jika manajemen keuangan perusahaan buruk dimana dibutuhkan waktu lama untuk bisa memperbaikinya agar keuangan perusahaan normal dan sehat kembali. Manajemen keuangan ini penting bagi setiap bisnis agar bisa memastikan arus kas yang lebih stabil.

Tugas manajer keuangan adalah untuk bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan perusahaan seperti memperkirakan kebutuhan dana, menentukan struktur modal, menciptakan peluang investasi, membuat kebijakan yang berhubungan dengan keuangan, mengambil keputusan finansial, dan masih banyak lagi lainnya. Tujuan dari manajemen adalah mengoptimalkan keuntungan, memastikan kelangsungan hidup bisnis, mempertahankan arus kas yang tepat, meminimalkan biaya modal, dan lain sebagainya.

Fitur Accounting Software

Untuk bisa memudahkan pengelolaan akuntansi perusahaan pebisnis bisa menggunakan accounting software Indonesia. Ada berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan dengan baik. Simak beberapa fitur yang ada pada accounting software yang penting diketahui berikut ini:

  1. Manajemen penagihan dan faktur

Accounting software Indonesia ini dilengkapi dengan fitur manajemen penagihan dan faktur. Aplikasi ini akan memudakan pebisnis dalam membuat, mengelola, serta mengirim berbagai jenis penagihan dan faktur. Faktur yang bisa dihasilkan adalah e-faktur yang mana dilengkapi dengan berbagai macam komponen yang bisa dikustomisasi sesuai dengan preferensi dan dibuat dalam waktu yang singkat.

  1. Depresiasi aset

Fitur software akuntansi tercanggih akan dilengkapi dengan fitur depresiasi aset. Dengan  aplikasi keuangan yang kompleks pebisnis bisa menyusun penyusutan aset secara otomatis dan akurat. Depresiasi ini bisa dihitung dengan berbagai macam metode yang sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda.  Untuk menghitungnya software akuntansi akan bisa disesuaikan dengan pajak dan standar akuntansi yang berlaku.

  1. Laporan keuangan

Laporan keuangan yang dibuat harus tepat dan akurat. Laporan keuangan yang bisa dibuat dengan software ini adalah laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan sebagainya secara digital. Pebisnis juga bisa membuat laporan dalam berbagai macam versi mulai dari tabel, diagram grafik, garis, dan lingkaran.

  1. Rekonsiliasi akun dan laporan bank

Rekonsiliasi adalah hal yang penting untuk bisa memastikan apakah data keuangan di perusahaan akurat. Jika dilakukan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama dan human error bisa terjadi kapan saja.

  1. Financial Forecasting

Fitur terakhir adalah financial forecasting dimana dengan fitur ini pebisnis bisa mengestimasi biaya dan pendapatan bisnis secara tepat. Bisa dikatakan bahwa fitur ini paling krusial. Tanpa ada fitur ini software tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Berkat fitur ini pebisnis bisa mengontrol keuangan dengan bijak, menghilangkan biaya yang dianggap tidak perlu, dan mengoptimalkan keuntungan.

Tanpa menggunakan accounting software Indonesia manajer akuntansi dan pemilik bisnis harus menghabiskan terlalu banyak waktu dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sehingga menjadi kurang produktif di dalam bekerja.

Artikel Menarik Lainnya :