Home » 5 Gejala Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita yang Harus Diwaspadai
Kesehatan

5 Gejala Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita yang Harus Diwaspadai

gejala penyakit jantung

Penyakit jantung tidak boleh diabaikan karena menjadi organ vital bagi manusia. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, saat mengalami masalah membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu sehingga organ vital lainnya akan kehilangan fungsinya dan bisa menyebabkan hal fatal bagi manusia termasuk kematian. Jantung yang terhenti akan membuat sistem di dalam tubuh manusia juga menjadi terhenti karena aliran darah yang terhenti. Saat jantung berhenti berdetak penderita harus segera mendapatkan penanganan agar tidak mengakibatkan kematian.

Cara mencegah gejala penyakit jantung pada pria dan wanita agar tidak muncul adalah menjaga pola makan yang sehat karena kolesterol akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah jantung sehingga aliran darah dari atau menuju ke jantung tidak lancar. Selain itu penting untuk selalu menjaga tekanan darah agar tetap normal karena orang dengan penyakit hipertensi sangat berisiko terkena penyakit jantung.

Gejala Sakit Jantung

Sayangnya sampai saat ini penyakit jantung tetap menjadi silent killer. Banyak yang tidak sadar jika di dalam dirinya memiliki penyakit satu ini sehingga sering sekali menyebabkan kematian mendadak. Ada orang yang terlihat baik-baik saja pada pagi harinya kemudian pada sore hari di kabarkan meninggal. Seperti itulah bahayanya penyakit jantung, bisa merenggut nyawa dengan cepat. Sudah banyak orang yang menjadi korban dari keganasan penyakit jantung.  Pelawak Basuki, Adjie Massaid, Ricky Jo, dan masih banyak lagi lainnya yang meninggal diakibatkan oleh serangan jantung. Agar mendapatkan penanganan sejak dini, kenali beberapa gejala penyakit jantung bagi wanita maupun pria seperti berikut ini:

  1. Nyeri dada

Gejala yang pertama adalah nyeri dada. Memang nyeri dada ini timbul tenggelam sehingga sering dianggap remeh dan dianggap sebagai hal yang tidak serius. Karena hal inilah yang menyebabkan seseorang tidak sadar jika di dalam dirinya memiliki penyakit jantung. Untuk mengetahui apakah nyeri dada tersebut normal atau tidak Anda bisa melihat lokasi nyerinya. Seseorang dengan penyakit jantung akan mengalami nyeri tidak tertahankan pada dada sebelah kiri. Selain itu rasa nyeri akan mengalami penyebaran ke bagian lengan, leher, bahu, rahang, bahkan sampai punggung. Jika rasa nyeri tersebut dirasakan berhari-hari bahkan sampai hitungan minggu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

  1. Detak jantung tidak teratur

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah detak jantung yang tidak teratur.  Memang pada orang normal ketika menjalankan aktivitas berat akan mengalami peningkatan pada detak jantungnya dan saat sudah beristirahat detak jantung akan menjadi normal kembali. Yang harus diwaspadai di sini adalah jika sedang dalam kondisi tidak sedang melakukan aktivitas berat kemudian detak jantung tiba-tiba kencang, sudah dipastikan jika memiliki masalah dengan jantung. Tidak hanya itu saja saat merasa jantung berhenti berdetak dan tiba-tiba berdetak dengan kencang harus segera memeriksakan diri ke dokter terutama jika terjadi secara berulang-ulang.

  1. Sesak napas

Sesak napas ini menjadi tanda awal penyakit jantung pasalnya fungsi jantung yang terganggu akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar termasuk ke organ paru-paru. Hal tersebut membuat paru-paru menjadi kekurangan oksigen dan saat itulah penderita akan mengalami sesak napas. Gejala sesak napas ini biasanya muncul bersamaan dengan nyeri dada.

  1. Pusing

Pusing ini bisa disebabkan oleh otak yang kekurangan oksigen. Gejala pada penderita jantung ini sangat mirip saat akan pingsan dimana kepala terasa berat atau justru menjadi melayang kemudian penglihatan menjadi kabur. Meski begitu tidak semua pusing ini disebabkan oleh sakit jantung dimana ada juga yang disebabkan oleh anemia, saraf terjepit, tumor, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jika Anda sering mengalami sakit kepala dalam waktu yang lama penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri untuk mengetahui penyebabnya apakah diakibatkan oleh gangguan jantung atau tidak.

  1. Kelelahan parah

Gejala yang terakhir adalah mengalami kelelahan parah. Kelelahan ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Jika Anda tidak melakukan kegiatan yang begitu berat namun tubuh sering merasa lelah ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Oleh karena itu, sayangi seluruh anggota keluarga Anda dan waspadai gejala penyakit jantung yang bisa menyerang kapan saja, semoga informasi ini bermanfaat.