Teknologi

Yuk Kenali Bentuk Kerusakan Solar Panel Indonesia Disini

Yuk Kenali Bentuk Kerusakan Solar Panel Indonesia Disini

Sebagai sebuah alat, sudah tidak heran apabila kerusakan menjadi kendala yang kerap dialami. Meskipun begitu, panel surya atau solar panel merupakan jenis perangkat yang jarang rusak selama dirawat dengan baik. Sudah tahukah anda apa saja kerusakan yang dapat terjadi di sebuah solar panel Indonesia? Yuk simak informasinya sebagai berikut.

 

Bentuk Kerusakan Panel Surya

Yuk Kenali Bentuk Kerusakan Solar Panel Indonesia Disini

  1. Sel Suryanya yang Rusak

Panel surya tersusun atas sel surya dan komponen ini memegang peranan penting dalam kinerja sebuah panel surya. Apabila terjadi kerusakan pada sel surya, kinerja panel dipastikan tidak dapat optimal. Tingkat efisiensi serap cahaya matahari juga akan menurun. Dengan begitu akan mempengaruhi daya listrik yang dihasilkan.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab kerusakan sel surya? Sel surya dapat mengalami gangguan akibat kesalahan saat proses solder. Proses penyolderan yang tidak hati hati dapat menyebabkan sel rusak atau pecah. Selain itu bisa juga disebabkan oleh proses inspeksi QC yang kurang optimal sehingga melewatkan bagian sel surya yang rusak saat proses laminating.

  1. Goresan di Kaca

Masalah umum yang kerap terjadi dan menimbulkan kerusakan panel surya adalah bagian kaca yang tergores. Kecacatan ini kerap ditemukan bahkan lebih dari 70% kasus. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati hati saat proses pemasangan. Pembeli juga harus cermat melihat setiap detail solar panel Indonesia agar tidak membeli yang rusak.

Goresan dapat menyebabkan masalah yang serius pada kinerja panel surya. Goresan yang kecil atau besar dapat mempengaruhi tingkat produksi daya. Selain itu, goresan yang dangkal juga berpotensi mengganggu perubahan energy yang berimbas pada ketersediaan daya yang dapat dihasilkan oleh panel surya. Bahkan goresan juga dapat menjadi celah bagi debu untuk masuk.

  1. Penyelarasan Sel yang Tidak Tepat

Panel surya dibentuk oleh banyak sel surya di dalamnya. Salah satu kegiatan yang terjadi saat proses pembuatan adalah proses pemotongan. Ketidakselarasan potongan yang dibuat dapat merusak estetika panel surya. Kesalahan tersebut sebenarnya tidak berimbas langsung pada kinerja modul, akan tetapi akan sangat disayangkan apabila terjadi.

Keselarasan sel yang tidak tepat menjadi bentuk kerusakan yang seharusnya dapat dihindari. Sangat penting untuk melakukan proses inspeksi yang benar agar kualitas panel surya sesuai dengan standar. Segala peralatan yang digunakan juga harus sesuai dengan standar untuk meminimalisir kecacatan yang dapat mengecewakan konsumen.

  1. Label Memudar dan Kabur

Kerusakan atau kecacatan pada solar panel Indonesia yang tidak kalah sering terjadi adalah memudarnya label. Menurut standar IEC, setiap modul panel harus memiliki label barcode yang menjadi identitas produk yang berguna saat klaim garansi. Label itu diletakkan di bagian dalam lapisan kaca laminasi. Produksi yang gagal bisa membuatnya memudar.

SUN Energy – Memilih panel surya terbaik memang harus dilakukan. memilih produk terbaik dapat meningkatkan umur gunanya. Kabarnya, panel surya yang dibeli dalam kondisi baik disertai dengan perawatan optimal dapat bekerja selama 20 hingga 25 tahun. Oleh karena itu, pilihlah panel yang paling baik agar dapat bertahan lama.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *