Home » Pentingkah Asuransi Kecelakaan Diri? Ini Dia Jawabannya
Asuransi

Pentingkah Asuransi Kecelakaan Diri? Ini Dia Jawabannya

asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri patut di pertimbangkan bagi seorang tenaga kerja apalagi jika mereka bekerja di ranah industri maupun manufakturing. Pasalnya, BPJS atau jaminan kesehatan lainnya takkan cukup menjamin resiko jika terjadi kecelakaan yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa bekerja lagi. Tentu Anda akan kehilangan sumber mata pencaharian apalagi jika Anda adalah tulang punggung keluarga . Jika asuransi jiwa menanggung santunan kematian, asuransi kesehatan menanggung biaya kesehatan, maka asuransi kecelakaan saat bekerja akan menanggung kerugian materil akibat kecelakaan saat bekerja.

Seperti berdasarkan peraturan ketenagakerjaan bahwa perusahaan wajib memberikan jaminan asuransi kecelakaan diri terhadap pekerjaannya. Tujuannya demi keselamatan kerja karyawan perusahaan tersebut. Dengan asuransi kecelakaan ini, tak hanya karyawan individu yang merasa dilindungi, namun pihak perusahaan pun akan terbebas dari rasa khawatir akan menanggung resiko pertanggungan atau hukum jika terjadi kecealakaan kerja pada karyawannya.

Manfaat asuransi kecelakaan diri secara garis besar adalah :

Memberi Rasa Aman Bagi Tertanggung dan Keluarganya

Anda akan bekerja dengan nyaman dan merasa terlindungi karena jika resiko kecelakaan terjadi, ada asuransi kecelakaan yang akan menanggung kerugian Anda baik dari segi finansial akibat tidak bisa bekerja, pertanggungan biaya pengobatan maupun pertanggungan biaya untuk keluarganya. Rasa aman yang timbul akibat proteksi ini dapat membuat Anda leluasa bekerja dengan baik dan produktivitas kerja tetap terjaga.

Meringankan Biaya Pengobatan

Jika dana kesehatan seperti BPJS hanya mengcover biaya pengobatan saja, maka asuransi kecelakaan juga mencakup aspek jaminan pengobatan akibat kecelakaan kerja serta tetap menjamin pendapatan Anda tetap utuh saat tidak bekerja karena kecelakaan.

Perlindungan Terhadap Keluarga Jika Terjadi Risiko Kematian

Jika ada resiko kecelakaan kerja yang berakibat kematian tertanggung, maka keluarga akan terkena dampaknya. Apalagi jika Anda adalah tulang punggung keluarga yang otomatis jika terjadi sesuatu pada Anda dan tidak bisa bekerja lagi – resiko buruk yaitu meninggal, maka Anda tidak bisa menafkahi keluarga lagi.

Dengan asuransi kecelakaan diri, maka keluarga Anda akan diberikan perlindungan yang bersifat menyeluruh untuk semua jenis kecelakaan baik ringan maupun fatal. Apabila tertanggung meninggal dunia, maka pihak asuransi kecelakaan diri akan memberikan pertanggungan dana jaminan bagi keluarganya berupa santunan tiap bulan sebagai ganti gaji atau pendapatan tertanggung yang meninggal selama periode tertentu sesuai dengan perjanjian polis asuransi.

Artikel Menarik Lainnya :