Home ยป Bagaimana Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik? Silakan Pertimbangkan Lima Aspek Ini
Asuransi

Bagaimana Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik? Silakan Pertimbangkan Lima Aspek Ini

asuransi mobil terbaik

Sekarang, terdapat banyak jasa asuransi yang menawarkan berbagai produknya kepada klien. Banyaknya jasa asuransi ini dari satu sisi membuat biaya premi yang ditawarkan menjadi semakin kompetitif. Tetapi, di lain sisi kehadiran berbagai penyedia layanan asuransi mobil ini akan membuat pelanggan kebingungan.

Umumnya, mereka yang kebingungan begitu riskan terpengaruh terhadap jasa asuransi tidak terpercaya. Kondisi demikian ini tentu sangat merugikan apabila terjadi pada diri Anda sendiri. Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan Anda sebaiknya memilih asuransi mobil secara selektif. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih asuransi mobil terbaik yang bisa Anda aplikasikan.

Prosedur pengajuan klaim

Aspek pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih asuransi mobil adalah prosedur klaimnya. Prosedur klaim yang perlu diperhatikan meliputi syarat, dokumen, proses dan juga waktunya. Sebaiknya, Anda memilih perusahaan jasa asuransi yang proses klaimnya mudah serta cepat. Kemudahan yang dimaksud diantaranya adalah proses klaim di kantor cabang, layanan call center 24 jam dan pengajuan klaim online.

Bengkel rekanan yang kredibel

Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya Anda meminta daftar bengkel rekanan jasa asuransi kendaraan yang bersangkutan. Tindakan ini perlu dilakukan agar mobil Anda tidak ditangani oleh bengkel tanpa kredibilitas. Hasil penanganan di bengkel yang tak kredibel memang kurang maksimal sehingga cenderung merugikan Anda. Kondisi seperti ini tentu ingin Anda minimalisir bahkan dihindari.

Pada umumnya, bengkel rekanan ini sudah tersertifikasi oleh pihak asuransi kendaraan. Akan tetapi, beberapa jasa asuransi juga membebaskan klien untuk menentukan dimana mobilnya hendak diperbaiki. Misalnya, Anda mempunyai langganan bengkel yang terpercaya atau dekat dengan rumah sehingga mudah dikontrol. Selain itu, pastikan juga jasa asuransi menyediakan layanan garansi apabila perbaikan mobil belum maksimal.

Pilih asuransi yang sesuai kebutuhan

Tips memilih asuransi mobil terbaik berikutnya adalah pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Idealnya, Anda memilih jenis asuransi comprehensive (all risk) dikarenakan mencakup seluruh pertanggungan. Akan tetapi, apabila Anda terkendala dengan biaya premi dan juga usia mobil maka pilihlah asuransi Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi ini menjadi pilihan terbaik ketika biaya premi dirasa membebani dan usia mobil sudah tidak prima.

Besar kecilnya premi asuransi

Bahan pertimbangan berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah besar kecilnya premi asuransi. Umumnya, selisih berapa puluh ribu saja akan berpengaruh terhadap dibeli atau tidaknya produk asuransi mobil tersebut. Namun, jangan hanya tergiur dengan premi murah tetapi pelayanannya tak maksimal karena dapat berdampak buruk di kemudian hari. Disamping besar kecilnya premi, pertimbangkan juga mudah tidaknya proses pengajuan klaim.

Call center yang responsif

Aspek yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memilih jasa asuransi mobil adalah responsifnya call center. Cara memastikan aspek ini sangat mudah, cobalah untuk menghubungi layanan call center saat tengah malam. Apabila layanan call center mudah dihubungi, maka proses klaim asuransi mobil dapat Anda lakukan sewaktu-waktu. Misalnya, ketika mobil mogok di tengah jalan Anda bisa mendapat layanan teknisi dan juga mobil derek selama 24 jam.

Memilih asuransi mobil terbaik memang penting untuk Anda lakukan. Ini dikarenakan jasa asuransi terbaik biasanya akan memberikan layanan klaim yang maksimal. Akan tetapi, proses pemilihan penyedia layanan asuransi terbaik tidak semudah yang dibayangkan. Supaya tidak salah pilih, maka Anda bisa menerapkan kelima tips memilih asuransi mobil terbaik di atas.

Artikel Menarik Lainnya :