Kesehatan

4 Fakta Tentang Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

kesehatan jantung

Penyakit jantung masih menjadi momok untuk manusia. Jantung adalah organ penting dalam tubuh yang memacu peredaran darah ke seluruh tubuh. Sebelum melakukan pencegahan penyakit jantung dengan mengunjungi dokter jantung, berikut adalah beberapa info penting tentang penyakit jantung yang harus anda ketahui.

4 Fakta Tentang Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

  1. Apa Itu Penyakit Jantung?

Penyakit jantung adalah kondisi penyakit yang menyerang bagian jantung dan menghambat fungsinya dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Beberapa jenis penyakit jantung yang sering ditemui adalah seperti jantung koroner, gangguan irama detak jantung atau aritmia hingga cacat jantung bawaan.

Sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah ini biasanya dipicu oleh timbunan plak atau lemak berlebihan dalam tubuh. Sehingga menghindari makanan berkolesterol dan berlemak akan membantu mengurangi efek penyakit jantung.

  1. Apa Gejala Penyakit Jantung?

Penyakit jantung memang harus diwaspadai, terlebih lagi saat gejalanya mulai muncul. Gejala datangnya penyakit jantung memang terlihat sederhana namun harus segera ditangani agar tidak menyebabkan hal lain yang tidak diinginkan. Mengunjungi dokter jantung harus dilakukan segera bila anda sudah mengalami gejala berikut ini.

Gejala penyakit jantung yang sering dirasakan antara lain seperti detak jantung yang tidak beraturan. Baik detak jantung yang lebih cepat maupun detak jantung lebih lambat sama sama tidak baik. Selain itu, gejala penyakit jantung lainnya adalah seperti mudah lelah, napas terasa berat dan susah untuk tidur dengan nyenyak.

  1. Apa Penyebab Penyakit Jantung?

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab penyakit jantung rata rata adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Sehingga mengatur pola makan adalah hal yang sangat penting. Menghindari makanan yang berlemak tinggi dan kolesterol seperti makanan cepat saji dan juga makanan yang digoreng bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, mengurangi bahkan menghindari merokok dan konsumsi minuman alkohol juga bisa menjadi langkah yang baik dalam mencegah penyakit jantung. Selain asupan makanan juga jangan lupa untuk berolahraga. Rutin mengunjungi dokter jantung akan membantu anda dalam mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

  1. Bagaiaman Cara Pencegahan Penyakit Jantung?

Pola hidup sehat adalah kunci agar mengurangi resiko penyakit jantung. Dokter jantung akan menyarankan untuk terus menjaga pola makanan dan juga pola hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga ringat setiap hari. Selain itu, tetap menjaga bentuk badan ideal juga akan membantu karena salah satu penyebab penyakit jantung adalah obesitas.

Tindakan pencegahan akan lebih baik daripada pengobatan. Terlebih untuk penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan terus menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga asupan makanan sehat. Mendeteksi penyakit jantung sejak dini juga bisa anda lakukan dengan mengunjungi dokter spesialis jantung.

Baca Juga : Gejala Penyakit Jantung pada Pria dan Wanita Yang Perlu Diwaspadai

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Kesehatan