Home » Cara Perawatan Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Pahami
Bersih dan Segar Kesehatan

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Pahami

perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Bagi yang sudah berpengalaman, tentu saja merawat bayi yang baru lahir bukanlah suatu hal yang sukar untuk dilakukan. Namun bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki buah hati, sudah pasti mereka akan merasa agak kebingungan dalam mengurus si buah hati tercinta. Berikut adalah cara perawatan bayi baru lahir yang harus Anda pahami:

1.      Merawat Tali Pusar

Tali pusar menjadi bagian tubuh pada bayi yang harus Anda prioritaskan dalam perawatan bayi baru lahir. Anda harus sangat hati-hati dalam merawat tali pusar untuk menghindari terjadinya resiko infeksi. Jika pada saat dimandikan tali pusar terkena air, segera keringkan dengan cotton buds ataupun kain kasa yang steril.Jangan beri obat atau ramuan apapun pada tali pusar tersebut agar tidak terjadi iritasi ataupun infeksi. Pada umumnya tali pusar akan benar-benar putus 1-4 minggu setelah kelahirannya. Baru setelah tali pusar tersebut putus, Anda dapat memberi baby oil untuk membersihkan kotoran pada bagian pusar.

2.      Merawat Mata Bayi

Anda dapat membersihkan mata bayi dengan menggunakan kapas steril yang telah dibasahi dengan air matang. Dalam membersihkan mata bayi, Anda harus melakukannya dari arah dalam ke luar sehingga kotoran yang ada di dalam mata bisa bersih dengan sempurna. Untuk setiap mata, gunakan satu kapas steril dan jangan gunakan secara bergantian.

3.      Merawat Kulit Bayi

Bayi yang baru lahir tidak perlu terlalu sering dimandikan agar kulitnya tidak mudah kering. Anda hanya perlu memandikannya minimal sehari sekali dengan menggunakan washlap yang telah dibasahi dengan air hangat. Baru setelah itu, Anda dapat memandikannya di bak mandi dengan menggunakan sabun bayi.

Anda dapat merawat kelembaban tubuh bayi dengan menggunakan produk perawatan bayi yang aman untuk digunakan. Anda juga harus mengatur suhu ruangan kamar bayiu ntuk mencegah timbulnya biang keringat.

4.      Merawat Kulit Kepala

Perawatan bayi baru lahir yang selanjutnya adalah membersihkan kulit kepala bayi dari kerak kepala yang terjadi karena adanya tumpukan kotoran dari debu maupun keringat. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menggunakan baby oil yang didiamkan beberapa menit di kulit kepala bayi. Setelah itu bersihkan dengan cotton buds yang lembut lalu lanjutkan dengan pencucian.

5.      Merawat Rambut Bayi

Anda dapat membersihkan rambut bayi setidaknya 2 kali seminggu. Gunakan shampoo bayi yang tidak membuat pedih di mata. Basahi rambut bayi dengan air secara perlahan dan beri shampoo secukupnya. Gosok-gosoklah pada rambut bayi secara lembut sampai berbusa. Kemudian basuh dengan air agar benar-benar bersih.

6.      Merawat Hidung Bayi

Bagian hidung sebenarnya tak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu membersihkan bagian luar hidung saat ada cairan atau kotoran yang terlihat keluar. Namun jika pada saat bayi sedang pilek dan terganggu pernafasannya, Anda dapat menggunakan alat aspirator hidung bayi yang bersih untuk menyedot lendir yang ada di dalam hidung.

7.      Merawat Telinga

Anda hanya cukup meneteskan baby oil ke dalam lubang telinga, lalu kemudian kotoran yang ada di dalamnya akan keluar dengan sendirinya. Sementara itu, untuk membersihkan daun telinga Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas bersih yang telah diolesi baby oli.

8.      Pantat Bayi

Untuk mencegah iritasi pada pantat bayi, usahakan pantat selalu kering agar tidak lembab. Selain itu Anda jug harus memilih popok yang benar-benar aman untuk digunakan.

Demikianlah cara merawat  bayi yang baru lahir yang harus Anda pahami. Anda dapat menggunakan produk-produk dari Mitu Baby agar memudahkan Anda dalam perawatan bayi baru lahir. Untuk merawat kebersihan kulit kepala dan pusar bayi,Anda dapat menggunakan Mitu Baby Oil. Anda juga dapat memandikan bayi dengan Mitu Baby Milk Bath.