Home » Tips Memandikan Bayi sebagai Salah Satu Langkah Perawatan Bayi Baru Lahir
Kesehatan

Tips Memandikan Bayi sebagai Salah Satu Langkah Perawatan Bayi Baru Lahir

Salah satu perawatan bayi baru lahir adalah dengan memandikannya demi menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh bayi. Namun ada kalanya Bunda, terutama yang baru pertama kali memiliki buah hati, masih merasa kebingungan bagaimana caranya memandikan bayi dengan benar. Bahkan sebagian di antara mereka ada yang merasa takut saat hendak memandikan si kecil yang baru lahir. Jika hal ini terjadi, tentu saja Bunda akan sangat canggung saat memandikan bayi sehingga si bayi tidak bisa bersih maksimal. Berikut akan dijelaskan tips memandikan bayi sebagai salah satu langkah perawatan bayi baru lahir:

1. Menyiapkan Perlengkapan Mandi Bayi

Ketika hendak memandikan bayi, hal yang pertama kali harus Bunda lakukan adalah menyiapkan segala perlengkapan mandinya seperti air hangat, handuk lembut, sabun bayi, popok, serta baju ganti yang bersih.

Bunda harus benar-benar memastikan bahwa benda-benda yang akan digunakan sebagai perlengkapan bayi adalah yang telah terbukti aman untuk digunakan. Misalnya saja dalam memilih sabun mandi, Bunda harus benar-benar memastikan bahwa sabun bayi tersebut sudah teruji secara klinis keamanannya

2. Memandikan Bayi dengan Penuh Kasih Sayang

Dalam perawatan bayi baru lahir, proses memandikan bayi adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Dalam memandikan bayi, Bunda harus melakukannya dengan penuh kasih sayang. Bunda harus memperlakukan si bayi dengan lembut agar tidak merasa tersakiti. Hal ini dimaksudkan agar terjalin ikatan yang kuat antara si bayi dan Bunda.

Pada usia awal-awal kelahirannya, Bunda tidak harus memandikan bayi dengan menggunakan bak mandi. Bunda hanya cukup memangku si kecil dan mengelap seluruh tubuhnya dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat agar bayi merasa nyaman saat dimandikan. Dengan memangku bayi ketika mandi, bayi akan merasakan kasih sayang yang diberikan oleh ibunya.

Bunda dapat mulai memandikan bayi dalam bak mandi ketika tali pusar bayi telah benar-benar putus. Ketika memandikan si bayi di dalam bak, Bunda tetap harus melakukannya dengan penuh kasih sayang dan secara perlahan-lahan. Mandikan mereka dalam bak mandi yang berisi air hangat dan bersihkan dengan sabun serta shampoo bayi.  Pastikan lipatan-lipatan pada tubuh bayi seperti pada bagian lipatan lengan, leher, belakang telingga, dan juga area genital bersih dari kotoran.

3. Mengeringkan Tubuh Bayi dengan Sempurna

Setelah dimandikan, bayi harus segera dikeringkan  dengan sempurna. Pastikan area-area lipatan pada tubuh bayi, seperti leher, belakang telinga, lipatan lengan, dan area genital bayi benar-benar kering agar bagian tersebut tidak menjadi lembab. Jika Bunda tak mengeringkan bagian-bagian itu dengan sempurna, dikhawatirkan bagian tersebut akan menjadi lembab sehingga jamur dan bakteri mudah berkembangbiak di sana.

Dalam mengeringkan tubuh bayi, gunakan handuk yang lembut agar tidak terjadi gesekan yang membuat iritasi pada kulit bayi. Jangan gunakan handuk bertekstur kasar karena akan sangat mudah melukai kulit bayi yang sensitif.

4. Memberi Baby Oil pada Bayi

Sebelum diberi pakaian, sebaiknya tubuh bayi diolesi baby oil terlebih dahulu. Baby oil sangat bermanfaat untuk melembutkan kulit bayi. Sebaiknya Bunda memilih baby oil yang mengandung mineral alami dan juga diperkaya dengan olive oil dan vitamin E. Baby oil yang seperti itu sangat berguna sebagai pelembab kulit bayi.

5. Memberi Popok yang Nyaman Digunakan

Proses perawatan bayi baru lahi selanjutnya  adalah memakaikan popok yang aman dan nyaman untuk digunakan. Gunakan popok yang dapat menyerap pipis bayi dengan baik agar tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi.

Untuk memudahkan perawatan bayi baru lahir, kini telah hadir Mitu Baby sebagai sahabat bagi keluarga. Dengan memakai beragam produk Mitu Baby seperti Mitu Baby Oil, Mitu Baby Milk Bath, dan juga Mitu Baby Sensitives Wipes, Bunda akan semakin mudah ketika akan memandikan buah hati tercinta.

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment