Health

Memahami Pengertian Intervensi Kardiovaskular

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Menurut data yang ada bahkan kasusnya terus naik dari tahun ke tahun. Tak hanya menyerang orang tua, penyakit jantung faktanya juga saat ini banyak menyerang anak muda. Tak lain dan tak bukan adalah karena faktor gaya hidup dan juga adanya faktor riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Semakin berkembangnya teknologi membuat upaya pengobatan jantung kian diperbarui. Tak hanya melulu mengandalkan operasi, saat ini pengobatan jantung juga dapat dilakukan melalui intervensi kardiovaskular. Nah, penasaran seperti apa pengertian intervensi kardiovaskular dan apa saja bentuk tindakannya? Berikut ini ulasan singkatnya.

Pengertian Intervensi Kardiovaskular

Tidak semua pasien jantung bersedia dan mampu secara ekonomi untuk melakukan prosedur operasi jantung. Beberapa mungkin merasa biaya yang dibutuhkan sangat besar dan memberatkan, sedangkan pasien lain mungkin berpikir dua kali untuk melakukannya karena takut akan trauma sakit yang dirasakan. Meskipun kini sudah ada teknologi operasi yang lebih canggih tanpa harus membuat sayatan di rongga dada, namun kembali lagi biaya yang dibutuhkan tentu juga jauh lebih besar.

Teknologi hadir dengan membawa berbagai solusi, termasuk dalam bidang kesehatan atau medis yang salah satunya adalah intervensi kardiovaskular. Pengertian intervensi kardiovaskular adalah sebuah tindakan medis non bedah melalui prosedur pemasangan kateter atau selang tipis dan lembut ke dalam jantung.

Pemasangan kateter ini dilakukan melalui pembuluh darah pasien. Tujuan dari intervensi kardiovaskular ini adalah untuk kebutuhan diagnostik atau mengetahui jenis penyakit pasien. Bisa juga untuk kebutuhan terapeutik atau langkah pengobatan kelainan atau penyakit jantung.

Jenis Tindakan yang Masuk dalam Kategori Intervensi Kardiovaskular

Jika melihat dari pengertian intervensi kardiovaskular di atas, maka sudah pasti bedah jantung tidak akan masuk dalam kategori ini, sebab intervensi kardiovaskular memang tindakan non bedah.

Lalu tindakan apa saja yang bisa dikategorikan sebagai intervensi kardiovaskular? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pemasangan stent pada pasien dengan keluhan penyakit pembuluh darah perifer.
  • Penggantian atau pelebaran katup pada pasien dengan kelainan katup jantung.
  • Penutupan kebocoran sekat serambi atau Atrial Septal Occluder khususnya pada pasien dengan penyakit jantung bawaan.
  • Pemasangan alat pacu jantung.
  • Pemasangan stent pada pasien dengan keluhan penyakit jantung koroner.

Untuk menghindari berbagai tindakan intervensi di atas, maka menjaga jantung agar tetap sehat adalah kunci utamanya. Juga rutin memeriksakan kondisi jantung ke dokter spesialis jantung agar apabila terjadi gangguan dapat segera teratasi sejak dini. Anda dapat melakukan pemeriksaan jantung rutin di Heartology Cardiovascular Center.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian intervensi kardiovaskular dan juga beberapa jenis tindakannya, semoga dapat menyadarkan kita untuk tetap menjaga kesehatan jantung.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Anda bisa mempercayakan ke dokter spesialis jantung yang sudah berpengalaman di bidang intervensi kardiologi, salah satunya adalah dr. Denio Ridjab yang saat ini berpraktek di Heartology sebagai dokter spesialis jantung, beliau telah berpengalaman di bidang kardiologi umum dan intervensi, kardiologi olahraga, pencegahan penyakit jantung, penyakit jantung valvular, gagal jantung dan kardiomiopati.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *