Home » Prosedur Perawatan dan Pemasangan Veneer Gigi
Kesehatan

Prosedur Perawatan dan Pemasangan Veneer Gigi

Veneer Gigi

Veneer Gigi memiliki fungsi untuk memperbaiki struktur dan warna gigi. Gigi yang patah, rusak, tidak rapi, memiliki celah atau berubah warnanya dapat diperbaiki dengan menggunakan veneer gigi. Veneer gigi sudah lama dikenal dalam dunia kencantikan dokter gigi. Tujuan veneer gigi adalah agar gigi terlihat lebih rapi dan memiliki warna yang putih bersih sebagaimana warna asli gigi. Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan proses veneer gigi. Untuk veneer satu gigi biasanya dipatok dengan harga veneer gigi kurang lebih 5 juta rupiah. Biaya ini belum termasuk ke dalam biaya perawatan yang harus dilakukan selama veneer gigi terpasang. Veneer gigi akan awet terpasang dalam jangka waktu kira-kira 5 sampai 10 tahun. Setelah jangka waktu tersebut, veneer gigi perlu diganti karena akan mengalami kerusakan. Prosedur veneer gigi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu, apakah ada enamel atau lapisan terluar gigi yang perlu dikikis untuk memasang veneer. Tujuannya adalah agar nantinya veneer yang dipasang tidak menonjol dan malah merusak struktur gigi. Lapisan enamel yang akan dikikis kira-kira sebanyak 0,5 mm.
  2. Dokter akan membuat cetakan mulut Anda dari bahan yang berbentuk dempul untuk memastikan veneer yang dibuat nantinya sesuai dengan ukuran gigi dan mulut. Diperlukan waktu paling tidak selama 1 hingga 2 minggu untuk membuat veneer gigi.
  3. Setelahnya dokter akan mulai memasang atau menempelkan veneer gigi pada bagian gigi.

Setelah semua proses tersebut selesai, dokter akan meminta Anda untuk datang kembali dan memeriksa penempatan veneer yang sudah berhasil dipasang. Dokter juga akan memeriksa keadaan gusi. Waktu yang dibutuhkan untuk proses persiapan pemasangan veneer gigi akan berbeda pada karena setiap orangnya tergantung pada seberapa parah kerusakan gigi yang dialami. Veneer juga bisa digunakan oleh mereka yang ingin memiliki gigi kelinci. Perawatan veneer sebenarnya hampir sama dengan perawatan gigi pada umumnya,veneer dapat dibersikan sebanyak 2 kali sehari dengan menggosok gigi atau menggunakan benang gigi. Selain itu, Anda juga perlu datang ke dokter gigi untuk melakukan perawatan rutin veneer gigi.

Baca juga:  Pencabutan Gigi Bungsu Dengan Operasi Odontektomi Oleh Dokter Gigi

About the author

indonesiaartikel

Add Comment

Click here to post a comment